1

Panduan Product Astrindo Starvison

Sabtu, 04 Mei 2013

TANYA JAWAB MICROSOFT (FAQ)

TANYA JAWAB MICROSOFT (FAQ) :


Bagaimana saya dapat mengenali atau membedakan software Microsoft asli dengan yang tidak asli ?
http://www.microsoft.com/en-us/howtotell/default.aspx

Apa manfaat dari perangkat lunak Microsoft asli ?
Dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft asli, Anda pasti dapat mengakses berbagai fitur, keamanan dan dukungan terbaru yang akan membantu meningkatkan produktivitas serta meluaskan
kemampuan PC Anda. Anda juga dapat mengakses berbagai inovasi dan penawaran baru yang hanya tersedia bagi pelanggan perangkat lunak Microsoft asli.

Apa Manfaatnya beli Windows Asli ?
- Bebas untuk update
- Bebas untuk download berbagai software di website www.microsoft.com/download
- Tidak ada kemungkinan disusupi Virus/ Trojan/ Keylooger, yang bisa diinject ke dalam installer Windowsnya.
- Lebih tenang karena aman dari kemungkinan Razia, bisa sampai 500 juta/ 5 Tahun kurungan.
- Lebih tenang Dunia Akhirat, karena menggunakan software bajakan sama dengan membeli/ menggunakan barang curian/ yang bukan haknya.


Apa Perbedaan Lisensi   OLP, OEM, FPP & PKC ?

OLP : Open License Program
Lisensi diperuntukkan bagi perusahaan skala kecil-menengah yang menginginkan harga yang lebih murah daripada FPP. Minimal pembelian pertamanya adalah 5 unit dari produk aplikasi atau server atau system (bisa campur). Lisensi OLP melekat pada organisasi / perusahaan dan dapat ditransfer antar PC dalam organisasi / perusahaan yang sama. Lisensi yang dijual adalah versi terbaru, misal Microsoft Office 2007, Windows Server 2008, dll. Jika menginginkan versi software yang lama pengguna bisa melakukan down grade versi yang lebih rendah dari versi yang dimiliki (Down Grade Right)

OEM: Original Equipment Manufacturer
OEM adalah lisensi yang melekat pada PC / Notebook yang bersifat pre-install. Lisensi ini tidak dapat di transfer ke PC lain, karena lisensi ini mengikat ke 1 PC secara hardware. Apabila PC tersebut rusak (motherboard) maka lisensi ini dianggap hangus.
Bukti lisensi ini berupa stiker COA (Certificate of Authenticity) harus ditempelkan di CPU/notebook, dan aktivasi dilakukan pada komputer masing masing.

FPP: Full Package Product
FPP merupakan lisensi yang dijual secara retail dan tidak mengikat ke hardware. Lisensi ini mengikat ke usernya. Lisensi ini bersifat transferable; dapat dipindahkan ke komputer lain. Bila hardware PC rusak, lisensinya dapat dipindahkan ke komputer lain. Perbandingan 1 lisensi 1 user.

PKC : Product Key Card
PKC , Product Key Card adalah lisensi baru dari Microsoft untuk produk Microsoft Office 2010. Lisensi ini kurang lebih sama dengan lisensi OEM, namun untuk bukti lisensi nya berupa sebuah kartu product key tanpa media (CD). Lisensi ini bersifat mengikat ke hardware PC dan tidak dapat dipindah ke PC lain.


Seseorang menawarkan saya Produk Windows berupa Stiker COA, apakah legal?
Ilegal!... Stiker COA harus didistribusikan sebagai bagian dari box produk berlisensi yang juga termasuk CD hologram dan dokumentasi dari penyalur terkenal dan bereputasi baik.

Bisakah PC dengan OS Windows OEM diupgrade motherboardnya dan tetap menggunakan lisensi tersebut?
Umumnya, user dapat mengupgrade semua komponen hardware pada PC kecuali Motherboard , jika Motherboard diganti karena alasan upgrade atau rusak maka lisensi tersebut hangus dan diwajibkan untuk membeli lisensi baru (lisensi OEM tidak dapat di transfer)

Bagaimana jika stiker COA yang saya miliki rusak atau hilang?
Stiker COA adalah bukti kepemilikan, jadi jika hilang atau rusak anda tidak memiliki lisensi yang legal walaupun anda dapat menunjukan CD/DVD dan dokumentasi.

Bisakah customer saya mentransfer atau menjual lisensi OEM mereka ke orang lain (orang ke-2)?
Setelah lisensi OEM terinstall pada PC, maka lisensi tidak dapat di install kembali atau ditransfer ke PC lain. Namun seluruh PC (H/W & S/W) dapat di ditransfer/pindahkan ke orang lain beserta media software (CD/DVD), Stiker COA dan dokumentasi wajib disertakan.

Customer saya membeli PC baru dan ingin memindahkan lisensi OEM tersebut dari PC lama ke PC baru, bisa kah customer melakukan apa yang dia inginkan terhadap software yang mereka beli?
Software dengan lisensi OEM terikat pada PC (motherboard) dan hanya bisa 1 kali instalasi bahkan jika PC tersebut sudah tidak digunakan lagi.

Apa system requirement untuk Windows 8?
Untuk detil lengkap mengenai system requirement Windows 8 dapat dilihat pada website berikut http://windows.microsoft.com/en-US/windows-8/system-requirements
Secara umum hardware yang dibutuhkan adalah :
Processor : 1 gigahertz (GHz) or faster with support for PAE, NX, and SSE2 (more info)
RAM : 1 gigabyte (GB) (32-bit) or 2 GB (64-bit)
Hard disk space : 16 GB (32-bit) or 20 GB (64-bit)
Graphics card : Microsoft DirectX 9 graphics device with WDDM driver
Untuk mengecek kompatibel atau tidaknya system yang anda miliki untuk Windows 8, dapat menggunakan tools “Windows 8 Upgrade Assistant” dari Microsoft sbb : http://go.microsoft.com/fwlink/p/?LinkId=261871

Apakah saya dapat meng-install Free Microsoft Security Essential di Windows 8?
Windows 8 sudah termasuk Windows Defender yang memberikan tingkat perlindungan yang sama terhadap malware seperti Microsoft Security Essential (anda tidak dapat menggunakan Microsoft Security Essential dengan Windows 8). Anda dapat menggunakan Microsoft Security Essential pada versi Windows 7, Vista & XP original.

Apakah saya dapat meng-upgrade dari Windows 7 ke Windows 8?
Ya, Microsoft menawarkan program upgrade ke End User yang membeli PC pre-install Windows 7 dari 2 Juni 2012 – 31 Januari 2013 dengan biaya $ 14.99, syarat yang harus dilakukan adalah :
1. Customer melakukan pembelian PC/Laptop yang sudah pre-install Windows 7 (Home Basic, Home Premium, Professional, Ultimate).
2. Masuk ke website https://www.windowsupgradeoffer.com/en-ID/Registration dan ikuti petunjuk yang tertera di halaman web.
3. Microsoft akan melakukan validasi registrasi.
4. Setelah itu Customer akan mendapatkan product ID untuk Windows 8 Pro secara online dan link download Windows 8 Pro.

Saya baru saya meng-upgrade Windows 7 Pro ke Windows 8 Pro, dapatkah saya menggunakan Windows XP Mode & Virtual PC yang sebelumnya saya gunakan (Windows 7 Pro) di Windows 8 Pro?
Windows XP Mode tidak dapat digunakan di Windows 8 Pro, sebagai penggantinya Microsoft menyediakan Vitur Hyper-V yang sangat powerfull untuk solusi virtualisasi.
Untuk menjalankan vitur Hyper-V Manager diperlukan 64 Bit PC dengan Windows 8 Pro atau Enterprise 64 bit, prosesor Intel atau AMD terbaru dengan SLAT Tech dan minimal RAM 4 gigabyte (GB). Untuk melakukan cek compatible prosesor dapat mendownload tools berikut http://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/cc835722
Prosesor yang compatible dengan Hyper-V (Hyper-V Manager) :
Intel : http://www.intel.com/support/processors/pentium4/sb/CS-021789.htm
AMD : http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_AMD_Athlon_64_microprocessors
Apakah saya dapat mengganti tampilan bahasa pada Windows 8 saya?
Ya, Tampilan bahasa Windows 8, Windows 8 Pro & Windows 8 RT dapat diganti dengan bahasa lain. Untuk panduan bisa dilihat pada website berikut : http://windows.microsoft.com/en-US/windows-8/language#1TC=t1

Apakah saya bisa men-downgrade dari Windows 8 ke Windows 7?
Ya, Downgrade untuk Windows 8 hanya berlaku untuk OEM License dengan edisi Windows 8 Pro.
End user boleh men-downgrade Windows 8 Pro mereka ke salah satu dari :
- Windows 7 Profesional
- Windows Vista Business.
Namun untuk media ( CD ) Microsoft dan Distributor tidak menyediakan untuk downgrade. Media original mesti disediakan oleh user sendiri untuk melakukan proses downgrade. Untuk prosedur lebih jelas bisa diemail ke seapa@microsoft.com dengan subject Downgrade.
Untuk detil lengkap mengenai downgrade rights dapat dilihat pada website berikut http://www.microsoft.com/oem/en/licensing/sblicensing/pages/downgrade_rights.aspx#fbid=TYtyf6JYNVS

Windows 8 pre-installed di Laptop saya mengalami masalah, apakah saya dapat meng-install kembali karena tidak terdapat stiker COA/kode aktivasi di Laptop untuk aktivasi?
Bisa, windows 8 pre-installed di laptop terdapat CD Recovery / Partition Recovery, dimana nanti proses restore included product key yang sudah dikunci dengan BIOS masing-masing brand laptop. Jadi tidak perlu input product key. Untuk COA nya diganti COA Digital yaitu logo windows hologram.

Untuk windows 8 pro versi upgrade (windowsupgradeoffer.com) apakah lisensinya OEM dan apa bisa downgrade ke versi sebelumnya?
Untuk Windows 8 Pro yang di download adalah license upgrade untuk OEM sebesar $15 dollar. Jadi license ini akan mengikat dengan karakteristik OEM. Untuk Downgrade, win 8 pro upgrade ini tidak diperkenankan downgrade. Namun karena customer mempunyai base license windows 7 (mesti win7 pro) bisa menggunakan base license tersebut untuk downgrade.

Apakah saya dapat melakukan downgrade dari Office 2010 ke Office 2007 ?
Tidak, untuk produk Microsoft Office yang di jual secara retail (OEM, PKC & FPP) tidak diperkenankan downgrade.

Apakah ada pembatasan untuk lisensi Office Home dan Student 2010?
Ya. Office Home and Student 2010 diperbolehkan hanya untuk penggunaan non-komersial di rumah dan pelajar. Tidak dapat digunakan untuk kegiatan komersial apapun, atau kegiatan usaha yang menghasilkan pendapatan, oleh sekolah atau lembaga pendidikan, atau oleh organisasi pemerintah.

Dapatkah saya menginstal Office Home dan Student 2010 pada lebih dari satu perangkat?
Ya, Office Home & Student 2010 FPP License memungkinkan Anda untuk menginstal, mengaktifkan, dan menggunakan Office Home dan Student 2010 pada hingga tiga PC dalam satu rumah.

Dapatkah saya menginstal Office Home dan Business 2010 dan Office Professional 2010 pada lebih dari satu PC?
Ya, Office Home dan Business 2010 dan Office Professional 2010 FPP License memungkinkan Anda untuk menginstal, mengaktifkan, dan menggunakan Office Home dan Business 2010 atau Office Professional 2010 pada PC utama Anda dan perangkat portabel Anda seperti laptop Anda.

Apa system requirement untuk Office 2010?
Lihat system requirement pada website berikut http://office.microsoft.com/en-us/products/microsoft-office-2010-system-requirements-HA101810407.aspx?CTT=5&origin=HA101674631


Bagaimana tahapan aktivasi Microsoft Windows?
 Cek tanggal system apakah sudah sesuai (time zone)
 Pastikan koneksi internet sudah terpasang.
 Aktivasi dengan memasukan product key yang tersedia.
 Apabila mengalami masalah dalam proses aktivasi dapat menghubungi support :

Saya memerlukan support produk Microsoft? Bagaimana menghubungi Microsoft untuk mendapatkan support ?

--Panduan Technicall :
P.T. Astrindo Starvision
Jl. Gunung Sahari Raya No.1, Ruko Mangga Dua Square Blok G23
P: 6221 62311331 | F: 6221 62312331
Email : support@astrindo-starvision.com

--Media & Product Key Problem :
P.T. Microsoft Indonesia
18th floor Tower II Jakarta Stock Exchange Building
Sudirman Central Business District
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190
Telephone General
+62-21-2551-8100
Technical Support (Personal)
+62 21 515-5151 (Jakarta)
0 800 120 1201 (Luar Jakarta)
Technical Support (Professional)
001 803 657 729 (Toll Free)
Fax (Mohon cantumkan nama lengkap anda)
+62-21-515-0411
Untuk Aktivasi Windows Lewat Telepon, silahkan hubungi 021- 515 5151

25 komentar:

  1. Apakah bisa dikembalikan ke windows8.1 ori bawaan laptop setelah saya instal Windows7?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chandra Astrindo Starvison: Tanya Jawab Microsoft (Faq) >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Chandra Astrindo Starvison: Tanya Jawab Microsoft (Faq) >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Chandra Astrindo Starvison: Tanya Jawab Microsoft (Faq) >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK Bc

      Hapus
  2. saya menginstal windows 8.1 ORI, tapi karena beberapa hal saya instal ulang menggunakan windows 8 bajakan. Karena tidak memuaskan, saya instal kembali menggunakan windows 8.1 ORI, apakah windows yang saya gunakan tetap termasuk ORI atau tidak?
    Mohon Penjelasan dari Saudara. Terima kasih atas perhatian Saudara.

    BalasHapus
  3. Saya membeli off 2013 home student FPP, pertama saya gunakan pad laptop A. Kemudian krn laptop A saya jual, maka saya uninstal.
    Kemudian saya instal pd laptop B, tapi selalu ditolak aktivasi. Mohon petunjuk. Saya beli 1,1 juta..masa jd nganggur. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. iya gan..karna lisensinya membaca hardware yang pertama, bisanya dipake oleh laptop pertama.. jadi solusinya jual sama yang pegang laptop pertama(A)

      Hapus
    3. bukannya fpp itu bebas dijual dan tidak melekat pd perangkat instalan pertama? cb hubungi no telp bag aktivasi microsoft. ada tuh nomornya.

      Hapus
    4. Office melekat pada 1 windows, bukan pada komputer.

      Hapus
  4. Bagaimana jika ada yang menjual WINDOWS OEM yang belum teraktivasi, apakah ini ilegal ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya itu ilegal..tapi memang original

      Hapus
  5. mohon pencerahan pak .
    kalau saya punya windows 10 pro OEM trus saya install windows 7 pro bisa tidak di aktivasi menggunakan product keys nya windows 10 itu

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Saya punya windows OEM dengan hardware berupa tablet yg dibeli secara online dari cina. Aktivasi terhapus karena windows di refresh& blm sempat diback up licence nya. Sedangkan untuk aktivasi kembali saya harus mengirim balik tablet tsb ke cina. Apakah bisa diaktivasi windows yg ada (terpasang) hanya dengan beli product key nya saja. Mohon infonya pak.. Trims sblmnya

    BalasHapus
  8. Saya Punya Product key Windows7 pro OA,yang ditempel pada stiker CPU HP pro 3330 mt...tapi masalah nya dvd installer nya udah nggak ada gimana cara menginstall windows7 saya agar bisa menggunakan product key itu kembali,tanpa dvd yang ori...?

    BalasHapus
  9. apa boleh upgrade dari office 2007 std yg pernah saya beli ke 2013 std ? bagaimana dengan lisensi yg terinstal ? apakah lisensi tsb legal ?

    BalasHapus
  10. Selamat malam gan, kenapa Licensi murah dengan harga 200-300K beredar?
    apa benar si penjual bis bekerja sama dengan pihak microsoft indonesia?
    yang saya dapatkan tentang licensi ini adalah licensi Windows 10 OEM yang di jual seharga 250K. mohon pencerahannya gan. :-)

    BalasHapus
  11. saya beli win 10 oem tapi serial keynya terhapus ketika mencoba membuka nya karena terlalu keras menggosoknya, bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oem tidak ada hubungan/support dr microsoft. Hub vendor atau seller. Biasanya no garansi.

      Hapus
  12. saya beli win 10 oem tapi serial keynya terhapus ketika mencoba membuka nya karena terlalu keras menggosoknya, bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  13. Saya pakai windows 7, mau connect ke wifi, tapi gak bisa karna di laptop cuma ada network adapter menggunakan modem, solusinya gimana ya ?

    BalasHapus
  14. maaf mungkin diluar pembahasan, sy bertanya apakah penggunaan windows 7 dlm mode virtual box juga termasuk ilegal? virtual box terinstal di linux. terimakasih

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. kalo saya ganti hardisk, apakah akan berpengaruh pada lisensi oem office
    saya ?

    BalasHapus
  17. Chandra Astrindo Starvison: Tanya Jawab Microsoft (Faq) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Chandra Astrindo Starvison: Tanya Jawab Microsoft (Faq) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Chandra Astrindo Starvison: Tanya Jawab Microsoft (Faq) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus